Senin, 22 Maret 2010

JAWABAN UJIAN AUDIT PERBANKAN DAN PERBANKAN ELEKTRO

Categories:


JAWABAN UJIAN
AUDIT PERBANKAN DAN PERBANKAN ELEKTRO
Performance portfolio keuangan Bank MANDOM periode 3 bulan terakhir.
 Dana masyarakat yang berhasil dikumpulkan adalah sebesar Rp. 4,567,890,123.00.
Produk Bank
prosentase
Tingkat bunga
Saving deposit
40%
11%
Time deposit
15%
13%
Demand deposit
45%
9%

Data hasil program Know Your Customer
Kecenderungan nasabah dalam menggunakan fasilitas Bank
Prosentase
Penerimaan gaji bulanan
55%  
Pengeloaan & penerimaan proyek
25%
Bank Guarantee, Letter of Credit, Setoran ONH, dll
15%
Penyimpanan dan media investasi jangka menengah (Korporasi, nasabah prime costumer dengan jumlah akumulasi sebesar 53% dari seluruh total dana yang terkumpul)
5%

Pada periode yang sama produk loan yang berhasil dijual oleh bank tersebut adalah sebesar 
Rp. 1.234.567.890,00 dengan jumlah yang tersalur:
Loan
Prosentase
Investment loan
15%
Commercial loan
25%
Personal loan
35%
Kredit program
15%
UKM
10%

Sementara itu, pemberian jasa layanan perbankan yang cenderung dimanfaatkan para nasabah antara lain:
Pemanfaatan nasabah terhadap fasilitas  bank
Prosentase
RTGS & Clearing
25%
Electronic Fund Transfer
20%
Setoran ONH
15%
Bank Guarantee
10%
Letter of Credit
8%
Lain-lain
22%

Analisis yang dilakukan oleh manajemen bank MANDOM menunjukkan bahwa positioning dan daya saing Bank MANDOM dalam industri perbankan berada di kuadran dua. Sehingga pimpinan Bank MANDOM berencana membentuk divisi baru yaitu divisi Mortgage Banking yang diimplementasikan melalui program increasing wallet service. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan performa dan daya serap loanable fund, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas fee based income.
Maka, langkah-langkah riil yang akan dilakukan dalam mengimplementasikan program tersebut adalah:

  1. Langkah untuk meningkatkan performa dan daya serap loanable fund:
No.
Langkah untuk meningkatkan performa dan daya serap loanable fund
1.
Mengurangi produk kredit yang berkategori antara lain terkait investasi jangka panjang, berdenominasi valas, terkait komoditas yang harganya sedang anjlok, kredit konsumsi yang rentan terpengaruh turunnya daya beli masyarakat, dan kredit yang selama ini penyalurannya sudah cukup ekspansif.
2.
Melakukan ekspansi kredit secara selektif di sektor-sektor yang relatif tidak terpengaruh krisis keuangan (misalnya UKM) dan memiliki NPL rendah secara hati-hati (prudential banking principles); sekurang-kurangnya terdapat lima (6) prinsip kehati-hatian, antara lain Watak (character), Kemampuan (capacity), Modal (capital), Jaminan (collateral), Kondisi ekonomi (condition of economy) dan batasan.hambatan (constrain)
3.
Tingkat suku bunga pinjaman yang bersaing di pasar.
4.
Penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan manajemen risiko.
5.
Meningkatkan komposisi dana murah (tabungan dan giro) terhadap total dana pihak ketiga.

B.    Langkah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas fee based income
No.
Langkah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas fee based income
1.
Menambah dan memaksimalkan pelayanan yang berbasis TI (Teknologi Informasi), misalnya E-banking, SMS Banking, Mobile Banking dsb.
2.
Fokus pada pasar trade finance.
3.
Menambah anggaran dana pemasaran.
4.
Menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan property.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "JAWABAN UJIAN AUDIT PERBANKAN DAN PERBANKAN ELEKTRO"